Install Windows 7 di Ubuntu Menggunakan Virtual Box

 Windows 7 dan Ubuntu merupakan sistem operasi yang jenisnya berbeda.Keduanya sama-sama bisa disatukan dalam satu komputer menggunakan sistem dual boot. Namun, bagaimana jika Anda mempunyai single boot saja yaitu Ubuntu dan dalam waktu yang sama kita membutuhkan Windows 7 untuk suatu keperluan? Salah satu solusinya adalah menggunakan teknologi virtualisasi. Virtualisasi memberikan lingkungan virtual pada komputer sehingga Anda bisa melakukan instalasi sistem operasi dalam sistem operasi. Jelasnya Anda bisa menginstall Windows 7 di dalam Ubuntu yang Anda miliki.










    Aplikasi virtualisasi yang cukup populer di Ubuntu adalah Virtualbox. Jika Ubuntu Anda belum terinstall virtualbox,install dulu dengan perintah menggunakan terminal berikut:

?
1
2
3
4
5
6
7
echo "deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian $(lsb_release -sc) contrib" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/virtualbox.list
 
wget -q http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian/oracle_vbox.asc -O- | sudo apt-key add -
 
sudo apt-get update
 
sudo apt-get install virtualbox-4.1
Ketika Virtualbox sudah terinstall, Anda bisa memulai untuk membuat virtual machine Windows 7 yang baru. Sebelum itu, pastikan kita memiliki file image Windows 7 (.iso) untuk booting virtual nanti. Berikut cara pembuatanvirtual machine menggunakan Virtualbox:
  1. Jalankan aplikasi virtualbox lalu buat virtualisasi dengan klik New pada toolbar atau tekan Ctrl + N.
    Tampilan Awal Virtualbox
  2. Klik Next pada welcome window, lalu isikan nama virtual machine dan jenis sistem operasinya. Pilih jenis sistem operasi Microsoft Windows dan versinya Windows 7.
    Memilih Jenis Sistem Operasi
  3. Tentukan kapasitas memori untuk Windows 7. Sebaiknya jangan beri nilai melebihi memori komputer Anda. 1 GB adalah memori ideal untuk Windows 7. Untuk itu penulis merekomendasikan komputer harus memiliki memori lebih dari 1 GB agar kinerja komputer tidak lambat.
    Menentukan Besaran Memory yang Dipakai
  4. Selanjutnya  membuat virtual storage dengan cara pilih create new harddisk.
    Create New Harddisk

  5. Pilih jenis virtual storage VDI (Virtualbox Disk Image).
    Memilih VDI
  6. Untuk detail virtual storage, pilih yang Dynamically allocated.
    Tampilan Virtual Storage Details

  7. Tentukan kapasitas virtual storage, di sini saya beri nilai 10GB karena Windows 7 juga membutuhkan kapasitas yang lumayan besar. Perlu diperhatikan, penentuan kapasitas virtual storage juga harus memperhatikan ukuran partisi yang tersisa dari Ubuntu Anda. Jangan melebihi ukuran partisi Ubuntu.
    Menentukan Kapasitas Virtual Storage
  8. Setelah itu akan tampil window summary yang menampilkan detail konfigurasi, lalu klik Create untuk membuat virtual machine.
    Membuat Virtual Machine
  9. Sampai tahap ini Anda sudah mempunyai komputer “baru” namun dalam versi virtual. Selanjutnya melakukan beberapa konfigurasi untuk virtual machine ini. Klik Setting pada toolbar untuk memulai konfigurasi.
  10. Untuk Display Setting, beri nilai untuk video memory sebanyak 64 – 128. Beri tanda centang pada Enable 2D Video Aceleration.
    Setting Display Memory
  11. Beranjak ke storage setting, di sana ada 2 jenis yaitu IDE Controller dan SATA ControllerIDE Controllermasih menunjukkan status empty, lalu kita klik pada icon CD di kanan atas untuk memilih file image (.iso) dari Windows 7.
  12. Klik OK, lalu konfigurasi selesai dan Anda siap untuk melakukan instalasi.
    Tampilan Setup Storage
  13. Jalankan virtual machine dengan klik icon start, dan tunggu proses loading instalasi Windows 7 selesai. Begitusetup window dari Windows 7 keluar, lakukan instalasi Windows 7 seperti biasa. Prosesnya memang cukup berat karena semua hardware yang digunakan Windows 7 “numpang” dengan host atau komputer Ubuntu Anda. Maka untuk itu disarankan agar komputer host memiliki spesifikasi yang memadai agar kinerja komputer Anda terlampau berat.
    Menjalankan Virtual Machine
  14. Setelah semua proses instalasi Windows 7 selesai, Anda bisa menjalankan Windows 7 di dalam Ubuntu. Karena Windows 7 ini trial, jadi hanya bisa digunakan selama 30 hari saja.
    Install Windows Telah Berhasil
Selamat mencoba.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: